Feeds:
Posts
Comments

Archive for August, 2011

Halo, disini gue mau bercerita tentang kegiatan roadshow suatu acara yaitu BEDAH KAMPUS UI 2011 yang di laksanakan ke SMA-SMA dengan sasaran khususnya siswa/i kelas 3 yang akan menempuh ujian seleksi masuk Universitas. Sampai saat ini gue udah 7x melakukan roadshow (dimana sebagai anak penunjang, minimal gue melakukan 10x roadshow). SMA yang kebetulan gue sudah hampiri adalah:

  1. SMAN 79 Jakarta
  2. SMA Percik
  3. SMAN 60 Jakarta
  4. SMAN 5 Jakarta
  5. SMAN 45 Jakarta
  6. SMAN 4 Jakarta, dan
  7. SMA Bellarminus

Hmm perlu gue akui untuk materi yang kami sebagai panitia roadshow-kan itu selalu sama, yang membedakan tentu saja anak-anaknya. Dari 7 SMA yang udah gue datangin yang sikap anaknya paling kooperatif di SMA Bellarminus, bahkan mereka mengucapkan salam ketika kami baru masuk kelas dan akan keluar kelas. Untuk sikap anak-anak yang paling tidak kooperatif mungkin tidak sebaiknya gue beberkan disini tapi memang ga salah sih kalo ada teori yang bilang kalau anak-anak seperti ini (baca: tidak kooperatif) adalah anak-anak dari kelas IPS. Pernah di salah satu SMA yang gue datangi, kelas IPA nya adem ayem anteng nerimo nerimo aja, pas masuk kelas IPS berasa kayak di pasar mana susah banget di omongin. Semuanya kembali lagi ke kesadaran anak-anak itu mau ngambil manfaat dari apa yang kami coba share apa ngga

Terkadang gue suka bingung lihat kelakuan mereka yang masih bandel di tahun terakhirnya di SMA, apa ga mikirin ya masa depan mau dibawa kemana? Dulu ketika gue naik kelas 3 SMA, saat itu juga mindset gue hanya fokus pada GUE KULIAH DIMANA WOY? Seakan-akan gue mencurahkan semua yang gue bisa lakukan ke dalam akademis supaya lancar ngerjain tes-tes seleksi Universitas yang soalnya sulit ngejelimet tingkat tinggi *lebay hahaha. But seriously, di waktu kosong pun rasanya ga afdol kalo ga ditemenin sama kitab sakti kumpulan rumus-rumus dan buku soal. Fortunately , usaha gue ga sia-sia ๐Ÿ™‚ seakan menang sebelum berperang, gue bisa keterima masuk di Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Gigi tanpa melewati tahap tes a.k.a keterima melalui jalur PPKB. Gue bisa tenang mengantongi masa depan gue di bulan Februari, dimana SIMAK UI aja baru diadakan tanggal 1 Maret. I was so lucky!

Kembali ke Roadshow Bedah Kampus UI 2011, gue akan mencoba menjabarkan materi yang biasa kami berikan saat Roadshow:

  • Perkenalan dengan Universitas Indonesia secara umum

Disini kami menjelaskan bahwa UI memiliki 13 fakultas (Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Vokasi) dan 56 jurusan.

  • Jalur masuk ke UI

Saat ini ada 4 jalur masuk UI:

  1. SIMAK UI
  2. SNMPTN , undangan dan tertulis
  3. KSDI
  4. Prestasi (Olahraga dan Seni)
  • Perbedaan S1 Reguler, S1 Paralel, S1 KKI, dan Vokasi

S1 Reguler = S1 yang biasa, banyak terdapat beasiswa dan memungkinkan mengajukan BOP-B. Namun usia dibatasi, misalnya di SMA kalian lulus angkatan 2012 maka kalian hanya punya kesempatan menjadi mahasiswa S1 Reguler hingga 2014.

S1 Paralel = S1 yang isi materi pelajarannya sama dengan S1 reguler namun tidak ada batasan usia, sehingga sulit untuk mendapatkan BOPB atau beasiswa karena di asumsikan orang-orang yang mengikuti program ini adalah orang yang sudah berpenghasilan. *Tidak semua jurusan memiliki S1 paralel.

S1 KKI (Kelas Khusus Internasional) = Jika di SMA ada yang namanya kelas internasional dan perbedaan dengan kelas reguler hanya di bahasa pengantar, di UI kelas internasionalnya tidak seperti itu. Selain berbeda di bahasa pengantar, mahasiswa yang mengikuti program KKI ini berkesempatan kuliah di 2 negara, satu di Indonesia yaitu di UI dan satu lagi di luar negri di universitas pilihan yang memiliki kerjasama dengan UI. Keuntungan mengikuti program ini adalah mendapatkan 2 gelar yang berasal dari 2 universitas. Untuk biaya memang S1 KKI lebih mahal dibandingkan dengan S1 Reguler, namun jika dibandingkan dengan langsung berkuliah di luar negri dan hanya mendapat 1 gelar maka S1 KKI jauh lebih murah.

Vokasi = Vokasi adalah satu fakultas yang isinya kumpulan seluruh program D3 yang dimiliki UI. Perbedaan D3 dengan S1 seperti perbedaan SMK dengan SMA, dimana D3 lebih fokus pada praktik dibanding teori. Pada S1, materinya : 70% teori dan 30% praktik sedangkan pada D3, materinya: 70% praktik dan 30% teori.

  • Apa sih BOP-B?

BOP-B adalah Biaya Operasional Pendidikan BERKEADILAN, salah satu cara bayar uang kuliah di UI selain pilihan LUNAS dan CICIL. Mengapa berkeadilan? Karena UI ingin menerapkan sistem dimana pendidikan tidak berorientasi pada uang. Ketika di universitas lain mengadakan tes seleksi masuk, kalian akan ditanya mampu bayar berapa untuk bisa diterima kuliah di universitas tsb tapi di UI berbeda! Seleksi yang diadakan menguji kemampuan kalian, setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru kemudian ditanya “berapa yang kalian sanggup bayar untuk berkuliah disini?”. Istilahnya nego-negoan dengan pihak UI dengan mengajukan bukti-bukti yang memang menunjukkan bahwa kalian tidak mampu membayar full seperti tagihan listrik, foto rumah, dll. Sebagai gambaran saja biaya normal untuk dapat berkuliah di UI:

Fakultas IPA –> Uang Pangkal 25 juta, dan semesteran 7,5 juta.

Fakultas IPS –> Uang Pangkal 15 juta, dan semesteran 5 juta.

WOW MAHAL YA UI? tunggu dulu..

dengan adanya BOP-B maka biaya di atas memiliki range:

Fakultas IPA –> Uang Pangkal 0 – 25 juta, dan semesteran 100 ribu – 7,5 juta.

Fakultas IPS –> Uang Pangkal 0 – 15 juta, dan semesteran 100 ribu – 5 juta.

Sebagai contoh, ada temannya teman saya, anak orang tidak mampu yang berhasil lolos seleksi SNMPTN dan diterima menjadi mahasiswa salah satu fakultas IPA di UI. Dia harus berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sembari kuliah serta jaga warteg. Apakah mungkin membayar 25 juta di awal dan 7,5 juta tiap semesternya? tentu tidak, maka UI memberikan keringanan dimana dia dapat berkuliah dengan membayar 0 (nol) rupiah uang pangkal dan 100 ribu per semester.

Makanya JANGAN TAKUT MASUK UI KARENA BIAYA ๐Ÿ™‚

  • Fasilitas yang ada di UI

Bis Kuning, Sepeda Kuning, Stadion, Gymnasium, Perpustakaan UI (Terbesar se ASIA PASIFIK), Lapangan, dll.

  • Unit Kegiatan Mahasiswa

Segudang UKM yang UI punya dan banyak dari UKM itu yang sudah memiliki nama untuk GO INTERNATIONAL ๐Ÿ™‚ seperti paragita UI (paduan suara), Liga Tari UI, Mahawaditra UI (orkestra), Marching Band UI, dll.

  • BEDAH KAMPUS UI 2011

Ini sih sebenernya poin utama dari Roadshow yaitu untuk mempromosikan acara BK UI 2011, karena kami yang roadshow juga terbatas orangnya dan pengetahuannya hanya mendalam di jurusan/fakultas yang kami ikuti maka dibuatlah acara ini supaya para siswa/i SMA dapat bertanya langsung ke kakak-kakak dari jurusan/fakultas yang mereka minati. Pertanyaan yang diajukan bisa apa aja, seperti apa yang dipelajari, berapa lama kuliahnya, prospek kerjanya seperti apa, dan sebagainya. Selain itu mereka juga akan diajak berkeliling kampus UI untuk lebih mengenal lagi fakultas serta fasilitas yang ada. Di acara ini juga akan ada STAND PSIKOLOG, diperuntukkan bagi mereka yang masih labil menentukan masa depannya ๐Ÿ™‚

BEDAH KAMPUS UI 2011

twitter : @bkui2011

facebook / group : Bedah Kampus UI / Bedah Kampus UI 2011

website : http://bedahkampusui2011.com

pemesanan tiket : http://tiket.bedahkampusui2011.com

(htm: 1 day – 25 ribu, 2 days – 30 ribu)

Road To Bedah Kampus UI 2011

Guest Star Talent

BK UI Quiz (via twitter @bkui2011 setiap malam minggu)

OSIS SMA Favorit

Vote for BK UI award

buka juga:

http://www.ui.ac.id

http://www.ayomasukui.com

Sekian postingan tentang Roadshow Bedah Kampus UI 2011,

SHOOT YOUR AIM!

Read Full Post »

Komat Kamit

Di suatu mobil yang sedang berada di daerah Jakarta..

 

X : Kenapa ya kue muffin itu ga dijadiin kue lebaran?  

Y : Loh, kayaknya emang ga nyambung deh.  

X : Padahal udah cocok banget kali muffin jadi kue lebaran  

Y : Maksudnya?  

X : Nih ya buat kata-kata lebaran “Muffin aku lahir dan batin yah”  

Y : -_______-“

Read Full Post »

before the show

the things

the show

Photos taken by Nissia Ananda

Friday, July 29th 2011

@ Gedung Thamrin Bank Indonesia

Read Full Post »

Bersyukur

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas sebagai Young On Top Campus Ambassador di bulan Agustus 2011:

Notes from Nissia Ananda (YOT CA UI) , 1 Agustus 2011

Hari ini hari pertama puasa, semua umat muslim menyambut dengan excited bulan Ramadhan yang katanya penuh berkah ini. Sore itu teman saya bercerita bahwa dirinya sedih, dia merasa lain dari orang normal kebanyakan dikarenakan oleh adanya kelainan secara medis pada dirinya sehingga tidak mampu menjalankan kewajiban berpuasa selayaknya kebanyakan orang. Wajar memang merasa sedih akan hal tersebut, seakan merasa asing atau berbeda sendiri, namun saya yakin setiap individu yang ada di dunia ini memiliki โ€˜keasinganโ€™ mereka sendiri. Mungkin teman saya merasa asing karena permasalahan medis pada tubuhnya, tapi orang-orang yang dia anggap normal pun memiliki โ€˜keasinganโ€™nya sendiri. Keasingan tersebut dapat berupa permasalahan keluarga, akademis, penampilan fisik, status sosial, keadaan ekonomi, kemampuan bersosialisasi, dan lain-lain yang tentunya masih sangat banyak.

Beberapa orang sering menyalahkan Tuhan akan keadaan yang mereka terima namun tidak mereka sukai atau dengan kata lain dalam menghadapi keasingan diri mereka. Mereka bertanya, โ€œTuhan, mengapa harus saya yang seperti ini?โ€, tapi pernahkan mereka bertanya seperti itu ketika sedang berada di atas? Sangat jarang sekali orang yang mempertanyakan mengapa dirinya yang diberikan kesuksesan oleh Tuhan. Ini menandakan cara berfikir orang saat ini kebanyakan hanya melihat pada apa yang negatif, dan menghiraukan hal-hal positif yang mereka miliki. Padahal dengan fokus pada hal-hal positif yang dimiliki, individu akan dapat mengembangkan dirinya secara maksimal dibanding hanya menyesali hal-hal negatif yang ada.

Saya disini juga ingin menekankan bahwa kita harus mensyukuri apa yang kita miliki, apa yang sudah diberi oleh Sang Maha Pencipta, baik positif maupun negatif. Sebenarnya agak kurang pas dengan kata negatif, karena saya yakin Dia memiliki alasan untuk memberikan hal-hal tersebut kepada kita. Walaupun secara logika manusia terlihat negatif, tapi Tuhan tau yang terbaik untuk tiap individu, jadi semuanya yang diberikan memiliki alasan untuk kebaikan individu tersebut. Sebagai contoh seseorang dijadikan untuk hidup dalam keadaan berkekurangan atau miskin, kita mungkin melihat keadaan tersebut dalam hal negatif namun mungkin Tuhan tau jika orang tersebut diberikan kekayaan maka dia akan menjadi sangat tamak dan rakus lalu melupakan ibadah, dan kita sendiri tau kan mana yang lebih berat siksaan di alam sana karena lalai beribadah dibanding kemiskinan yang dirasakan dia di dunia ini.

Oleh karena itu teman-teman, yuk mari kita bersyukur atas apa yang kita punya :)

Read Full Post »

Sebuah video tentang UI untuk kepentingan Roadshow Bedah Kampus UI 2011

created by tim Dokumentasi Bedah Kampus UI 2011

Read Full Post »

 

Lagu “Percaya” diilhami oleh pengalaman Bayu Risa merasakan perjuangan anak-anak penderita kanker untuk dapat bertahan hidup sembari melawan penyakit mereka. Semangat mereka yang tinggi untuk melawan penyakit ini membuat Bayu Risa tergerak untuk ikut memberikan dukungan moral dalam bentuk lagu.

“Gapai semua mimpimu, berjalanlah tanpa ragu. Yakinkan hatimu dan tetap percaya”

Read Full Post »